22/06/18

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya

Teks Eksplanasi Tsunami - Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang berskala besar. Tsunami terjadi karena pergeseran lempeng yang terjadi di lautan sehingga air secara cepat menuju ke daratan. Fenomena tsunami sudah sering terjadi, yang paling terkenal adalah tsunami yang terjadi di Aceh dan baru-baru ini tsunami di Jepang.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksplanasi Tsunami


Kali ini saya akan berbagi kepada kalian semua contoh teks eksplanasi tentang Tsunami beserta strukturnya, saya rasa kalian sudah paham tentang teks eksplanasi. Jika kalian belum mengerti tentang teks eksplanasi alangkah baiknya kalian baca teks eksplanasi lainnya agar lebih paham seperti  Contoh Teks Eksplanasi Sosial Kemiskinan Beserta Strukturnya

Berikut merupakan contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang tsunami yang akan saya jelaskan. Berikut teks eksplanasinya.  

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami 

#1. Pernyataan Umum

Tsunami terjadi saat gerakan vertikal pada kerak bumi karena letusan gunung berapi, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadilah tsunami.

#2. Deretan Penjelasan

A. Penjelasan 1

Gelombang ombak yang terjadi dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500 sampai 1000 km per jam, kecepatan yang setara dengan kecepatan pesawat terbang. 

B. Penjelasan 2

Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai, tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer. 

C. Penjelasan 3

Tsunami mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang tidak sedikit. Korban jiwa ini diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. Selain korban jiwa, tsunami juga berdampak negatif terhadap bangunan, tumbuh-tumbuhan, maupun pencemaran lahan pertanian, tanah, dan air bersih.


Akhir kata, sekian artikel dari saya mengenai Contoh Teks Eksplanasi Tsunami. Semoga dapat membantu kalian semua dalam memahami contoh teks eksplanasi serta strukturnya. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan. Selain teks eksplanasi, kalian juga bisa belajar mengenai Contoh Teks Pembawa Berita Terbaru
Disqus Comments