23/06/18

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan - Teks eksposisi sudah biasa kita jumpai di berbagai macam media cetak seperti koran dan majalah. Namun teks eksposisi memiliki struktur khusus yaitu Tesis^Argumentasi^Penegasan Ulang. Pada kesempatan yang lalu sudah saya beri contoh mengenai contoh-contoh teks eksposisi.

Pada artikel kali ini akan saya jelaskan secara lengkap teks eksposisi beserta strukturnya. Salah satu ciri kebahasaan teks eksposisi adalah menyajikan informasi atau pengetahuan dan sering kali dilengkapi dengan  pendapat para ahli, fakta-fakta, dan contoh. 

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan, Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya
Teks Eksposisi Tentang Kesehatan


Teks eksposisi menyajikan fakta-fakta untuk meyakinkan para pembaca terhadap apa yang ada pada tema bacaan tersebut. Kalian dapat membaca artikel menarik lainnya mengenai Teks Eksposisi Tentang Ekonomi dan Politik Beserta Strukturnya.

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

#1. TESIS


Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam.

#2. ARGUMENTASI


Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini.

Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida, dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Penelitian menemukan bukti adanya hubungan antara peningkatan kadar senyawa ini dengan terjadinya penyakit dan kematian dini akibat gangguan jantung dan paru-paru. Asma dan bronkhitis juga diduga dipicu oleh kadar senyawa ini yang tinggi di udara.

Sedangkan polusi udara itu sendiri juga dapat berefek negatif bagi tubuh, antara lain Iritasi tenggorokan, hidung, dan mata, Batuk, Sesak napas, Meningkatkan risiko serangan jantung, Sistem kekebalan tubuh, saraf, reproduksi, dan pernapasan akan mengalami kerusakan, Kanker, Meninggal.

Kalangan yang sensitif terhadap kondisi udara seperti ini adalah anak-anak, orang tua, mereka yang aktif di luar ruangan, dan memiliki gangguan paru-paru atau jantung.

Dari resiko – resiko penyakit di atas baik secara langsung dan tidak langsung, anak – anak kecil dan para lanjut usialah yang sangat beresiko terkena dampaknya. Hal ini dikarenakan anak kecil dan lansia memiliki daya tahan tubuh yang lemah dibandingkan dengan orang – orang dewasa. 

#3. PENEGASAN ULANG


Berdasarkan penjabaran di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa hujan asam bisa menyebabkan penyakit terhadap masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.


Demikian artikel dari saya mengenai contoh teks eksposisi tentang kesehatan. Kesehatan harganya sangat mahal, maka dari itu marilah kita untuk selalu menjaga kesehatan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan dari tim Berbagi Pengetahuan.
Disqus Comments