22/06/18

Pengertian Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan


Seni Rupa adalah seni yang menggunakan keindahan sebagai unsur utamanya. Seni rupa memiliki ciri-ciri yaitu titik, garis, bidang, warna. Prinsip seni rupa adalah proporsional, ritme.

Seni Rupa dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu Seni Rupa Murni (Fine Art) dan Seni Rupa Terapan (Applied Art). Disini saya akan membahas satu persatu pembagian seni rupa tersebut.

1. Seni Rupa Murni (Fine Art)
Fine Art merupakan seni rupa yang hanya menonjolkan keindahan saja tanpa memperdulikan nilai sosial karya tersebut. Fine art biasanya dijumpai pada lukisan dan patung. Contohnya adalah seni lukis, patung, pertunjukan, film, keramik, fotografi, koreografi, dan instalasi.

2. Seni Rupa Terapan (Applied Art atau Visual Art)
Applied Art adalah seni rupa yang tidak hanya menonjolkan keindahan saja melainkan memperhatikan nilai sosial benda tersebut dan memiliki nilai. Contohnya adalah ukiran (Ukiran kayu dari Bali dan Jepara), Batik (Baju, Sprei, Gorden) dan Patung (Patung kayu dari Asmat)

Mungkin cukup sekian artikel dari saya mengenai Pengertian Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan dan Contohnya. Silahkan baca artikel saya yang lain mengenai Ekonomi Indonesia Akan Lampaui Jerman dan Inggris Pada Tahun 2030.



Disqus Comments