20/10/18

Pengertian dan Macam Asas Desentralisasi Lengkap

Desentralisasi - Apa itu desentralisasi? dilihat dari namanya saja sudah dapat kita tebak artinya. Desentralisasi berasal dari kata sentral yang berarti pusat. Dalam konteks kebahasaan dan arti lebih luas dan detail, langsung saja kita bahas di bawah secara lengkap.


Pengertian Asas Desentralisasi

Secara etimologis, istilah desentralisasi berasal dari Bahasa Belanda, yakni de yang berarti lepas, dan centerum yang berarti pusat. Dengan demikian, desentralisasi ialah sesuatu urusan yang terlepas dari pusat.

Pengertian Asas Desentralisasi
Pengertian Desentralisasi

Terdapat dua kumpulan besar yang memberikan pengertian tentang desentralisasi, yakni kumpulan Anglo Saxon dan Kontinental. Kelompok Anglo Saxon mendefinisikan desentralisasi sebagai penyerahan  wewenang dari pemerintah pusat, baik untuk para pejabat pusat yang terdapat di wilayah yang dinamakan dengan dekonsentrasi maupun untuk badan-badan otonom wilayah yang dinamakan devolusi. Devolusi berarti beberapa kekuasaan di berikan kepada badan-badan politik di wilayah yang dibuntuti dengan penyerahan dominasi sepenuhnya untuk memungut keputusan baik secara politis maupun secara administrstif.

Adapun Kelompok Kontinental memisahkan desentralisasi menjadi dua bagian yakni desentralisasi jabatan atau dekonsentrasi dan desentralisasi ketatanegaraan. Dekonsentrasi ialah penyerahan dominasi dari atas ke bawah dalam rangka kepegawaian untuk kelancaran kegiatan semata. Adapun desentralisasi ketatanegaraan adalahpemberian dominasi untuk mengatur wilayah di dalam lingkungannya untuk mewujudkan asas demokrasi dalam pemerintahan negara. Pengertian Asas Desentralisasi

Menurut berpengalaman ilmu tata Negara Dekonsentrasi adalahpelimpahan kewenangan dari alat perangkat negara di pusat untuk instansi bawahannya guna mengemban pekerjaan tertentu dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pemerintah pusat tidak kehilangan kewenangannya sebab instansi bawahan mengemban  tugas atas nama pemerintah pusat. Pengertian Asas Desentralisasi

Dekonsentrasi ialah pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada wilayah otonom sebagai wakil pemerintah atau perlengkapan pusat di wilayah dalam kerangka negara kesatuan. Lembaga yang mencurahkan kewenangan dapat menyerahkan perintah untuk pejabat yang sudah dilimpahi kewenangannya tersebut mengenai pemungutan atau penciptaan keputusan. Pengertian Asas Desentralisasi                        

Macam Asas Desentralisasi

Berdasarkan keterangan dari Amran Muslimin, dalam kitab Otonomi Daerah dan Implikasinya, desentralisasi dipisahkan atas 3 (tiga) bagian.
1. Desentralisasi Politik, yaitu pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat yang mencakup hak menata dan mengurus kepentingan lokasi tinggal tangga sendiri untuk badan-badan politik di wilayah yang dipilih oleh rakyat dalam daerah-daerah tertentu.

2. Desentralisasi Fungsional, yakni pemberian hak untuk golongan-golongan tertentu guna mengurus segolongan kepentingan tertentu dalam masyarakat baik terbelenggu maupun tidak pada suatu wilayah tertentu, laksana mengurus irigasi untuk petani.

3. Desentralisasi Kebudayaan, yaitu pemberian hak untuk golongan-golongan minoritas dalam masyarakat untuk mengadakan kebudayaan sendiri, seperti menata pendidikan, agama, dan sebagainya.

Dengan demikian, dapat diputuskan desentralisasi pada dasarnya ialah suatu proses penyerahan beberapa wewenang dan tanggung jawab dari hal yang semula ialah urusan pemerintah pusat untuk badan-badan atau lembaga-lembaga pemerintah daerah supaya menjadi urusan lokasi tinggal tangganya sehinggga urusan-urusan tersebut berpindah kepada wilayah dan menjadi wewenang serta tanggung jawab pemerintah daerah. 

Baca Juga : Pengertian Urgensi Secara Lengkap

Desentralisasi berisi segi positif dalam penyelenggaraan pemerintahan baik dari sudut politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dilihat dari faedah pemerintahan, desentralisasi menunjukkan sejumlah hal berikut.
a. satuan-satuan desentralisasi lebih luwes dalam memenuhi sekian banyak  perubahan yang terjadi secara cepat,
b. satuan-satuan desentralisasi dapat mengemban tugas lebih efektif dan lebih efisien,
c. satuan-satuan desentralisasi lebih inovatif,
d. satuan-satuan desentralisasi mendorong tumbuhnya sikap moral yang lebih tinggi, serta komitmen yang lebih tinggi dan lebih produktif.

Demikian artikel lengkap mengenai pengertian dan macam-macam dari asas desentralisasi menurut ahli. Terima kasih telah membaca artikel dari saya, silahkan baca artikel menarik lainnya di 
Disqus Comments