17/10/18

Pengertian Dari Seni Budaya Secara Umum dan Menurut Ahli

PENGERTIAN SENI BUDAYA – Kata seni serta budaya merupakan 2 hal yang saling berkaitan serta tak dapat dipisahkan, karna pada tiap-tiap seni pasti memiliki kebudayaan yang khas. Begitu juga dengan sebaliknya, pada tiap kebudayaan pasti memiliki nilai seni yang sangat indah serta tidak ternilai harganya.


Seni budaya disebut sebagai segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang cara hidup dan  berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang memiliki unsur keindahan atau estetika. Secara turun temurun dan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, jika diartikan secara terpisah, pengertian seni budaya yaitu sebagai berikut.

Pengertian Seni

Seni Budaya
Seni Budaya
Pengertian seni secara umum adalah segala sesuatu yang dibuat manusia yang memiliku unsur keindahan yang mampu membangkitkan perasaan orang lain.

Adapun istilah seni berasal dari kata sansakerta dari kata sani yang mempunyai arti persembahan, pemujaan dan pelayanan yang erat hubungannya dengan suatu upacara keagaaman yang disebut dengan kesenian. 

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, seni dapat diartikan bermacam-macam, diantaranya adalah :
1. Ki Hajar Dewantara
Seni menjadi suatu hasil keindahan yang muncul hingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnnya. Oleh karenanya, perbuatan manusia yang dapat memengaruhi dan menyebabkan perasaan indah merupakan seni.

2. Sudarmiji
Pengertian seni yang merupakan segala hal yang bisa dan juga berkaitan dengan manifestasi batin dan juga sebuah pengalaman yang estetis dengan memakai media garis, bagian, struktur, warna, volume dan gelap maupun jelas.

3. Aristoteles
Pengertian seni adalah bentuk yang penampilannya serta pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan. Selain itu dapat dikatakan juga seni yakni meniru alam.

Pengertian Budaya

Seni Budaya Tari
Seni Budaya Tari
Pengertian Budaya sendiri memiliki makna yaitu suatu cara hidup yang berkembang secara bersamaan pada suatu kelompok orang dengan cara turun-temurun yaitu dari suatu generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang sulit dan susah dengan meliputi sistem politik dan agama, adat istiadat, bahasa, karya seni, pakaian, perkakas dan bangunan.

Selain itu istilah budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (akal atau budi) yang bisa diartikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Pengertian Budaya atau Kebudayaan Menurut Ahli

Budaya dapat dideskripsikan oleh para ahli, antara lain : 
1. Edward Burnett Tylor
Pengertian budaya adalah keseluruhan dari yang kompleks yang di dalamnya terkandung sebuah kepercayaan, kesenian, moral, pengetahuan, adat istiadat, hukum dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

2. Andreas Eppink
Kebudayaan mengandung suatu bentuk dari keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan dan keseluruhan struktur-struktur religius, sosial, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, pengertian lainnya adalah segala pernyataan artistik dan intelektual menjadi ciri khas suatu masyarakat.

3. C. Kliucckhohn
Pengertian budaya adalah sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem religi serta upacara keagamaan.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Jika diartikan dari asal frasa katanya, maka seni budaya merupakan setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal / budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat, yang digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan. Selain itu pengertian seni budaya menurut para ahli, antara lain :

1. Harry Sulastianto
Menurut Harry Sulastianto, pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.
2. M. Thoyibi
Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

3. Ida Bagus Putu Perwita
Menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.
4. Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalu satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.


Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian dari Seni Budaya. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.
Disqus Comments