28/10/18

Pengertian Ekonomi Menurut Ahli Lengkap

Pengertian dan Definisi Ekonomi MenurutPara Ahli

pengertian ekonomi
Secara umum, bisa dibilang bahwa ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusansumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraanhidup manusia. Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusiauntuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber dayayang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.Berikut ini adalah pengertian dan definisi ekonomi menurut beberapa ahli:



# ADAM SMITH
 Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara
# MILL J. S
 Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan
# ABRAHAM MASLOW
 Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalahkeperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yangada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggapefektif dan efisien
# HERMAWAN KARTAJAYA
 Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya
# PAUL A. SAMUELSON
 Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi danmendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat

Bila membicarakan tentang ekonomi, secara otomatis kita juga akan membicarakan mengenaiilmu ekonomi dimana ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu kajian yang membahsa danmemperlajari tentang ekonomi itu sendiri. Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi 2.yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.

Ilmu ekonomi makro mempelajari perilaku ekonom i sebagai keseluruhan tentang kehidupanekonomi dan ilmu ekonomi mikro lebih memfokuskan pada keputusan-keputusan individubaik sektor rumah tangga maupun perusahaan dalam mengalokasina sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Macam-macam Sistem Ekonomi


Secara toritis, pengertian sistem ekonomi dapat dikatakan sebagaiperpaduan dari aturan aturan atau cara cara yang menjadi satu kesatuan dandigunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. sistem ekonomi jugadapat diartikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawabpertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

Sistem ekonomi sebagai solusi dari permasalahan ekonomi yang terjadi dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :

Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)
sistem ekonomi Komando (Terpusat)
Sistem Ekonomi Campuran
Disqus Comments