02/09/16

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia - Banyak kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang disebabkan karena manusia lebih mengedepankan hak daripada kewajiban asasinya. Pernahkah Kalian mendengar atau membaca berita tentang kasus pelanggaran HAM? Tentu saja bila kalian rajin mengikuti berita dari media elektronik atau media cetak, kasus-kasus pelanggaran HAM sangat sering kita dengar. Dari kasus-kasus yang kalian temui, kasus manakah yang menarik? Mengapa? Silakan kalian diskusikan. Berikut adalah beberapa kasus yang berkaitan dengan pelanggaran HAM.

Contoh Kasus Hak Asasi Manusia, Kasus Hak Asasi Manusia, HAM, HAM di indonesia, hak asasi manusia, hak asasi manusia, hak asasi manusia, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham
Hak Asasi Manusia


Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Ada beberapa kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.
a. Kerusuhan Tanjung Priok, tanggal 12 September 1984. Dalam kasus ini sebanyak 24 orang tewas, 36 orang luka berat dan 19 orang luka ringan.
b. Pelanggaran HAM di daerah konflik yang diberi status Daerah Operasi Militer (DOM), di Aceh. Peristiwa ini telah menimbulkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM terhadap penduduk sipil yang berupa penyiksaan, penganiayaan, dan pemerkosaan yang berulang-ulang dan dengan pola yang sama.
c. Sepanjang tahun 80-an, dalam rangka menanggulangi aksi-aksi kriminal yang semakin meningkat, telah terjadi pembunuhan terhadap “para penjahat” secara misterius yang terkenal dengan istilah “petrus” (penembakan misterius).
d. Penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Dalam kasus ini korban yang meninggal antara lain: Hery Hartanto, Elang Mulya Lesmana, Hendrawan Sie, Hapidin Royan dan Alan Mulyadi.
e. Tragedi Semanggi I pada tanggal 13 November 1998. Dalam kasus ini lima orang korban meninggal, yaitu Bernadus Irmawan, Teddy Mahdani Kusuma, Sigit Prsetyo, Muzamil Joko Purwanto dan Abdullah. Kemudian terjadi lagi tragedi Semanggi II pada tanggal 24 September 1999 yang memakan lima orang korban meninggal yaitu Yap Yun Hap, Salim Ternate, Fadli, Denny Yulian dan Zainal.
f. Pembunuhan Munir sebagai Aktivis HAM Indonesia, pada tanggal 7 September 2004. Munir tewas dalam perjalanan udara dari Jakarta ke Amsterdam. Munir tewas akibat racun arsenic yang kadarnya sangat mematikan.

Sekian artikel dari saya mengenai Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia. Silahkan baca artikel lainnya.


Tags:
Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, kasus ham di indonesia, kasus pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham, contoh pelanggaran ham di indonesia, kasus ham indonesia,
Disqus Comments