28/05/18

Pengertian Akuntansi lengkap

Pengertian Akuntansi

akuntansi
Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik adalah persamaan utama untuk akuntansi. Banyak pemilik bisnis memahami pentingnya kata-kata itu, tetapi bukan apa yang mereka maksud. Lempar dalam debet, kredit, buku besar dan jurnal, dan kepala pemilik bisnis mungkin mulai berputar. Istilah akuntansi asing bagi kebanyakan orang yang belum mempelajari akuntansi, tetapi agar bisnis dapat berjalan dengan sukses, diperlukan pemahaman akuntansi dalam jumlah tertentu. Seorang pemilik bisnis tidak harus seorang akuntan, tetapi itu berarti memahami beberapa istilah.



1

Bagilah akun menjadi aset dan kewajiban. Aset adalah barang yang dimiliki oleh bisnis dan memiliki nilai tunai. Uang tunai, peralatan kantor, kendaraan, bangunan, inventaris dan investasi adalah contoh aset bisnis. Kewajiban adalah jumlah dolar yang dibayarkan kepada kreditur. Contoh kewajiban termasuk uang yang terutang pada rekening untuk bisnis lain, saldo kartu kredit, upah yang dibayarkan kepada karyawan, dan pinjaman kendaraan dan hipotek bangunan.

2

Pahami perbedaan antara debit dan kredit. Debit dan kredit digunakan untuk mewakili uang yang masuk dan keluar dari bisnis. Ketika aset ditingkatkan, itu didebit; ketika aset menurun, itu dikreditkan. Misalnya, jika pelanggan melakukan pembelian $ 100 pada akun, piutang aset piutang didebit. Ketika pelanggan itu kembali dan membayar akunnya, aset piutang dagang dikreditkan. Untuk kewajiban, prosesnya terbalik; ketika kewajiban ditingkatkan, dikreditkan; ketika itu menurun, itu didebit. Ketika sebuah bisnis mendapat pinjaman untuk peralatan baru, hutang akun akun dikreditkan. Ketika bisnis melakukan pembayaran di akun, akun hutang dagang didebit.

3

Bedakan antara Jurnal Umum dan Buku Besar. Jurnal umum adalah tempat transaksi harian dicatat. Buku besar menyimpan saldo akun untuk setiap akun, seperti hutang, peralatan, dan piutang. Misalnya, jika pelanggan membelanjakan $ 50 secara tunai, maka jurnal umum akan menjadi debit untuk uang tunai dan kredit untuk penjualan. Kemudian, $ 50 debit akan ditambahkan ke akun kas dan kredit $ 50 akan ditambahkan ke akun penjualan dalam buku besar umum.

4.

Periksa Laporan Penghasilan dan Neraca. Kedua laporan keuangan ini adalah gambaran kesehatan keuangan bisnis Anda. Laporan Penghasilan menunjukkan total penjualan, total pengeluaran dan laba bersih atau kerugian bisnis. Ini terdiri dari bulanan dan setiap tahun, tetapi dapat sepenuhnya triwulanan juga. Neraca menunjukkan saldo untuk semua akun bisnis dan mewakili rumus Aset = Liabilitas + Ekuitas Pemilik.

Tip
Program akuntansi terkomputerisasi mengambil banyak kebingungan dari pelacakan informasi akuntansi. Jika Anda tidak nyaman menggunakan metode akuntansi manual, program akuntansi bisa menjadi alat yang efektif.
PERINGATAN
Tidak semua orang memiliki pengetahuan atau keterampilan untuk melakukan akuntansi mereka sendiri, bahkan dengan bantuan program komputer. Dalam hal ini, menyewa seorang pembukuan atau akuntansi harus dipertimbangkan.

Pencarian :pengertian akuntansi ,content ,definisi akuntansi ,fungsi akuntansi menurut para ahli ,pengertian akuntasi ,pengertian akun ,pengertian akunta ,pengertian a ,pengertian aku ,definisi dari akuntansi
Disqus Comments