28/05/18

Jangan Anggap Remeh Penyakit Tremor

NewsPendidikanku.Blogspot.com - Sekarang kita akan membahas mengenai penyakit tremor. tremor sendiri dapat kita ketahui dengan gejala tangan goyang atau bergetar sendiri. Tremor dapat terjadi di tangan, wajah, kaki, dan anggota tubuh lain.

Tremor

Ciri ciri orang yang mengidap penyakit tremor

Tangan atau anggota tubuh lain akan bergetar. Hal ini dapat telihat jelas saat kita melakukan aktivitas. Saat kita sedang isirahat pun beberapa orang juga mengalami anggota tubuh bergetar. Biasanya orang orang akan tahu jika seseorang tersebut mengalami tremor namun diri sendiri akan tidak tahu.

Penyebab Penyakit Tremor

Tremor dapat diidap oleh segala usia, namun tremor biasanya diidap oleh orang yang sudah tua. Tremor sendiri ini dipengaruhi oleh Dophamine yang diproduksi di dalam otak kita. Dophamine pada orang yang tua akan berkurang sejalan dengan usia orang tersebut.

Tremor pada anak muda memiliki banyak faktor penyebab. Misalnya terbentur kepala. Hal ini dapat menyebabkan penurunan produksi hormon dophamine. Kasih sayang yang kurang juga bisa menyebabkan tremor. Lagi lagi dophamine yang menjadi penyebab dari penyakit ini. Gondokan juga dapat menyebabkan penurunan dophamine ini. Dan yang terakhir memiliki kemungkinan sangat kecil sekitar 4% orang mengalami tremor karena faktor genetik. Hal ini memiliki kemungkinan sangat kecil karena pewarisan sifat tidak mengikat penyakit ini, namun ada kemungkinan untuk mempengaruhinya.

Pola hidup yang tidak sehat sering kali menjadi penyebab dari penyakit tremor ini. Pola hidup yang dimaksud adalah terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, caffein yang terdapat pada teh dan lain sebagainya.

Gejala yang Dialami

Parkinson adalah suatu penyakit dimana tangan atau anggota tubuh lain bergetar sehingga mengganggu aktivitas keseharian kita.

Tremor dapat terjadi di bagian wajah dengan ciri ciri wajah bergetar dengan sendirinya. 

Selain di anggota tubuh tremor dapat pula terjadi di pita suara. Hal ini karena otak kiri merangsang otak tengah sehingga produksi dophamine menjadi berkurang. Akibat yang ditimbulkan adalah suara seolah olah seperti bergetar. Hal ini akan terlihat jelas jika seseorang kurang percaya diri atau pun penyebab penyebab lainnya.

Jenis Tremor

Tremor dapat dibagi menjadi dua yakni tremor bukan penyakit dan tremor karena penyakit. Tremor bukan penyakit dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang tersebut seperti apabila kita tidak makan, minum kopi berlebihan, akan melaksanakan ujian, ketemu orang yang disayang, dan hal yang membuat kita menjadi gugup lainnya.

Tremor karena penyakit adalah tremor yang terjadi bukan dari gaya hidup. Contoh dari tremor ini adalah parkinson, Tremor otostatik, tremor parasimpatik.

Cara Mengobati

Tremor ini dipengaruhi oleh dophamine sehingga kita dapat mengobatinya denan cara merubah pola hidup kita. Salah satu cara untuk mengurangi tremor ini adalah meminum kopi dengan tidak berlebihan. Kopi yang digunakan cukup satu sendok teh atau 5 ml.

Jika  anda mengalami tremor lebih baik di konsultasikan dengan dokter ahli syaraf dan mencari penyebab dari tremor ini di laboratorium.

Cara mengobati tremor dapat dibagi menjadi 3.

Pertama tremor berat dapat diobati dengan pemberian listrik ringan di daerah dekat jantung. Listrik akan memacu substantia nigra di otak untuk memproduksi dophamine.

Tremor sedang dapat dikurangi dengan cara pemberian obat obatan seperti obat untuk peningkatan adrenalin dengan obat phb atau artan.

Tremor ringan dapat dikurangi dengan memperbanyak minum susu. Karena susu banyak mengandung dophamine.

Kesimpulan

Jangan menganggap remeh penyakit ini. Penyakt ini menyebabkan aktivitas kesehariaan kita menjadi terganggu.
Disqus Comments